Finally, ufound guys!
Whatsapp : ( +62 ) 858 104 56135
Senin - Sabtu : 10.00 - 22.00
Jumat, 24 Februari 2012

Platypus, Si Hewan Bohongan


Dulu manusia pikir aku ini hewan bohongan. Tipuan! Waduh, aku tersinggung, lho. Aku ini hewan sungguhan. Benar-benar ada.

Lelucon
Aku berasal dari Australia dan Tasmania. Nama latinku Ornithorhynchus anatinus. Sewaktu aku pertma kali ditemukan tahun 1798, orang-orang mengira aku hanyalah lelucon. Mereka pikir ada orang iseng yang menjahitkan paruh bebek di tubuh hewan yang mirip berang-berang. Oh, please dech...

Masa ini mulut jahitan?? Dasar emang dah tuh orang...




Campur Aduk

Sebenarnya enggak heran jika manusia pikir aku ini tipuan. Bentukku memang campur aduk (kayak gado-gado). Paruh dan kakiku yang berselaput mirip paruh dan kaki bebek. Ekorku seperti ekor berang-berang. Sementara tubuh dan rambutku seperti tubuh dan rambut anjing air.

Ane, hewan gado-gado, aasssseeeeeekkk.... Tariiiikk maaaaaanngg...

Tingkah lakuku pun bercampur aduk. Aku bisa hidup di darat dan di air seperti bebek, berang-berang, dan anjing air. Saat berenang, aku mengayuh bebekku dan kemudinya adalah ekor berang-berangku. Di darat, aku menggali untuk membuat sarang di dalam tanah seperti berang-berang.

Ini sarang ane di bawah tanah gan, wuenak tenan




Monotremata 

Mau tau hal unik lain dariku?? Aku 'kan mamalia. Seharusnya aku melahirkan (BERANAK). Akan tetapi aku malah bertelur, ups!!? Mamalia yang bertelur disebut monotremata. Di dunia, hanya ada 5 jenis hewan monotremata. Yang satu aku, sedangkan 4 lainnya adalah 4 jenis landak echidna. Meskipun bertelur, aku tetap menyusui anak-anakku seperti mamalia lainnya.

Ini landak echidna gan




Telur-telur Mungil

Telurku mungil sekali. Ukurannya cuma 2 cm. Sebesar koin!! Biasanya, aku bertelur satu hingga dua telur. Telur-telurku menetas setelah aku mengeraminya selama 10 hari di sarang. Anak-anakku sama mungilnya seperti telurnya. Bagi manusia, mereka hanya sebesar kacang (kacang?? Huahahaha) Aku merawat mereka selama 3 sampe 4 bulan. Setelah mereka bisa berenang sendiri, barulah aku lepas.

Telurnya yang sebesar koin
Masa iya ini sebesar kacang gan??




Kaki Beracun

Psssstt..... Aku masih punya hal unik lain lho... Teman-temanku yang jantan punya RACUN!! Padahal, jarang sekali hewan mamalia punya racun lhoo... Nah Platypus jantan memiliki sepasang "sengat" di tumit belakangnya. Hewan apa pun dan manusia pasti akan sangat kesakitan jika terkena sengat racun itu. (kecuali yang punya ilmu kebal).

Sengatnya di tumit kaki belakang
Gambar saluran dan kelenjar racun ane

Sumber: Majalah Bobo no. 20 tahun XXXVIII

22 komentar:

  1. kalau telurnya sebesar koin..yang di pegang ma tangan tu keluar dari telur apa gan..hehe

    nice share sob

    BalasHapus
  2. @bangjal dua tiga: Hehehe, mungkin yg di tangan itu sudah beberapa hari or minggu sob, Thanks

    BalasHapus
  3. wah artikel yang menarik sob, jadi tambah ilmu nih..thanks ya:)

    BalasHapus
  4. baru tahu saya sob hewan ini, ternyata bohongan yach

    BalasHapus
  5. parah jg ya disangka hewan boongan apalagi dibilang mulutnya itu mulut jaitan :(

    BalasHapus
  6. Hewan Langka dan Unik,,,,,,,
    semacam pinguin dan mulutnya minjem ama bebek,hehe...
    nice share

    BalasHapus
  7. Ngeri sahabat lihat waktu kecilnya tuh masih merah yah...

    BalasHapus
  8. @Muro'i El-Barezy: Terima kasih kembali sob, semoga bermanfaat ya

    @Asis Sugianto: Wah, hehe, hewannya nggak bohongan sob, tapi disangka bohongan Mas, hehehe

    @Gadget For Blog: Iya sob, kasian si platypus (hewan tak dianggap) WKWKWKWK

    @Asalasah: Bener banget sob

    @Zaenal Blog: Wah, hebat sob, bener juga kata sobat

    @Blog Keperawatan: Iya sob, biasanya bangsa tikus, landak, dan berang-berang itu pas bayinya merah sob

    BalasHapus
  9. wah, Subhanallah...
    ternyata masih banyak cipataan Allah yang kita nggak ngeh..
    makasih sudah memperkenalkan diri ya pus,,
    hehe.
    mau pesen deh, jangan ninggalin telurnya di mana aja ya, ntar bisa dijadiin selai kacang sama manusia..
    hahaha

    BalasHapus
  10. @Hamasah Islam: Iya sob, subhanallah, ciptaannya memang luar biasa, hahahah, selai kacang sob? Oke dah, ntar ane sampein ke Platypus-nya, o iya, terima kasih kembali kata platypus nih sob

    BalasHapus
  11. Jiaaah sumbernya dari majalah bobo ya sob. emmm jadi keinget masa kecil deh. Nice gan, nambah pengetahuan dgn cara membaca yang menyenangkan. :D

    BalasHapus
  12. @Arriyadh Prayugo: Hehehe, sama sob, ane juga, ane liat majalah dan buku lama ane, eehh.... Ketemu nih majalah, yo wuiiiiss... Tak jadiin referensi aja deh, berbagi itu menyenangkan

    BalasHapus
  13. @Admin Fahri : hehe, yapz bener banget sob, emang berbagi itu sangat menyenangkan :D

    BalasHapus
  14. oyaa.. ane udah join juga yaa.. thanks sebelumnya gan :D

    BalasHapus
  15. @Arriyadh Prayugo: Oke-oke, sehati deh gan, hehehe, thanks

    @Asalasah: Wah, terima kasih kembali sobat, sukses selalu ya untuk sobat

    BalasHapus
  16. ada hadiah menarik buat kk.. cek this yaa :D http://sdftyujklvbn.blogspot.com/2012/02/1st-award-sdf-tyu-jkl-vbn-first-blood.html

    BalasHapus
  17. ada hadiah menarik buat kk, cek this yo.. http://sdftyujklvbn.blogspot.com/2012/02/1st-award-sdf-tyu-jkl-vbn-first-blood.html

    BalasHapus
  18. @SDF-TYU-JKL-VBN: Asyiiiiikk... Alhamdulilah, ane juga dapet, waaaaahh... Terima kasih ya sob, terima kasih banyak, ane langsung menuju TKP nih

    BalasHapus
  19. @kazsr4ever: Alhamdulilah, terima kasih sobat, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  20. Unniikkkkk .............

    BalasHapus

SHARETHIS