Finally, ufound guys!
Whatsapp : ( +62 ) 858 104 56135
Senin - Sabtu : 10.00 - 22.00
Kamis, 08 Agustus 2013

Review Blog Rohis Facebook (rohis-facebook.blogspot.com)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Jika sebelumnya ane membahas review situs sobat kita "Tips Wisata Murah" pada postingan "Review Situs Tips Wisata Murah (www.tipswisatamurah.com)", maka pada kesempatan kali ini ane akan mereview salah satu blog sobat kita yang sangat kental dengan artikel tentang agama Islam-nya, berhubung sekarang tema kebanyakan blog-blog adalah Idul Fitri, hehe. Tentu saja yaitu sobat Rohis Facebook, hehehe... Teneeeenngg.... Memang blog yang satu ini penuh dengan inspirasi dan referensi mengenai serba-serbi dalam agama Islam. O iya, sebelumnya ane ucapkan minal aidzin wal faidzin yaa... Mohon maaf lahir dan batin. Baiklah, mari kita lihat apa saja yang ada di blog "RF" ini, hehe

Penampakan homepage blog Rohis Facebook
Blog yang bermotto "Berusaha Untuk Selalu Besikap Pertengahan" ini memang salah satu blog yang bertema religi. Artikel-artikel tentang agama Islam yang ada di blog ini sangat bermanfaat dan jujur saja banyak membantu ane pribadi dalam memperkaya wawasan agama. Ane beri satu contoh, ada artikel yang berjudul "Subhanallah atau Masya Allah, Kadang Suka Terbalik?", dan disitu ane baru tau bahwa selama ini ane mengucapkan 2 kalimat tersebut di keadaan yang salah. Ane baru tau kalo "Subhanallah" itu diucapkan ketika melihat hal-hal yang tidak baik, sebaliknya "Masya Allah" diucapkan ketika melihat hal-hal yang indah. Contoh itu baru satu contoh, belum artikel-artikel lainnya seperti "Do'a Buka Puasa yang Benar dan yang Salah", "Kapankah membaca do'a Iftitah saat Shalat Ied", dan sebagainya. Pokoknya bener deh, artikel yang diposting benar-benar membantu.

Selain menyajikan artikel Islami, blog Rohis Facebook juga menyajikan artikel-artikel tentang tutorial blog, ilmu sains (pengetahuan alam), serta berita-berita hangat seputar hal-hal yg menyangkut Islam yg terjadi Indonesia maupun dunia. Contohnya seperti pada artikel "RCTI Dahsyat Menghina Islam, SCTV Inbox Melcehkan Orang Tua" untuk berita hangat di Indonesia dan artikel "10 Tempat Wisata Belanja di Arab Saudi" untuk yang versi Internasionalnya. Jadi sobat-sobat dijamin tidak akan dijenuhkan oleh artikel dengan tema yang sama. Lalu video-video menarik seputar Ramadhan juga dapat sobat nikmati dan temukan di blog ini.

Soal judul blog, yaitu Rohis Facebook, menurut ane sudah bagus, karena mudah sekali diingat. URLnya pun masih tergolong URL yang ideal, yaitu dia tadi, mudah diingat oleh orang, hehehe. BTW, arti judul blog ini apa ya? Ane kagak tau sih arti sebenarnya. Rohis Facebook, setau ane Rohis adalah sebuah wadah/organisasi pemuda dan remaja masjid/mushola di sekolah-sekolah, dan Rohis ini bergerak di bidang keagamaan, namun tidak hanya membahas soal agama, kelompok Rohis juga membahas ilmu-ilmu pengetahuan lainnya, membahas mata pelajaran sekolah, dll. Sedangkan Facebook seperti yang sudah kita ketahui bersama, adalah jejaring sosial yang memngkinkan kita untuk berdiskusi, menyebarkan berita, silahturahim, dan masih banyak lagi. Jadi Rohis Facebook itu sendiri mungkin artinya adalah wadah kelompok yang bergerak di bidang agama dan ilmu pengetahuan dan beroperasi di jejaring sosial di dunia maya. Begitukah kira-kira? Rohis Facebook dan Allah yang tau sebenarnya, heheheh....

Kemudian, jika kita lihat di sisi kanan terdapat "Sahabat Rohis Facebook". Ya, betapa baiknya Rohis Facebook ini. Lebih dari 20 blog telah menjadi sahabatnya, termasuk blog ane, hehe, syukron ya akhi. Hal ini tentu saja menyenangkan hati para sahabat blog Rohis Facebook. Maka dari itu, ane sarankan agar segera bertukar link dengan Rohis Facebook, hehe. Desainnya pun juga tak kalah menarik. Background padang rumput dengan seseorang yang sedang berteduh di sebuah pohon dan dihiasi oleh sebuah kalimat yaitu "Sahabat Sejati Umpama Pohon Rendang Yang Dapat Menjadi Tempat Berteduh" ini tentu menjadi pemandangan indah bagi sobat sekalian.

Kemudian di bawah menu utama (navbar) terdapat juga banyak menu yang menarik perhatian ane. Ane ambil beberapa contoh. Pertama, "Top Commentator". Dengan adanya top commentator di Rohis Facebook ini, membuat ane semakin terpincut untuk terus berkomentar di blognya, namun tetap dengan komentar yang sopan dan tidak asal-asalan. Ini merupakan salah satu bentuk mutualisme yang benar-benar menguntungkan. Di sisi Rohis Facebook, semakin banyak kunjungan dan komentar yang berdatangan. Di sisi ane, semakin ane rajin berkomentar, semakin tertampang nama ane di daftar Top Commentator. Hehehe, that's so briliant! Berikut SSnya:



Kedua, ada menu "HOAX"! Ini juga salah satu fitur yang ane suka bro/sis. Coba deh dibaca, sangat menarik dan bikin penasaran loh pemirsa, wkwkwk.

Untuk masalah template, Rohis Facebook jagoannya pemirsa. Template yang digunakan sangat-sangat ringan, sehingga insya Allah bagi yang memiliki koneksi internet lambat pun tidak akan menunggu terlalu lama untuk membuka blog keren ini. Desainnya pun sangat menarik dan stylish. Dengan tema warna hitam dan orange, dijamin sobat-sobat tidak akan bosan melihat tampilan blognya. Tak lupa dihias dengan semacam css sehingga terjadi animasi-animasi ketika pointer sobat menyentuh menu utama di atas.

Dan jangan lupa! Gimana ngejelasinnya ya? Susah euy... Jadi gini, jika sobat sudah membaca habis semua artikel di "page" satu, maka yang akan sobat lakukan adalah menekan tombol "next" atau tombol no. "2", dan sobat pun akan pindah ke "page" 2. Biasanya di blog-blog/situs-situs lain termasuk di blog ane perlu proses loading pindah URL, namun tidak dengan Rohis Facebook. Ketika sobat menekan tombol "next" di navigasi-nya itu, sobat tidak akan loading pindah URL alias tetap stay di URL tempat sobat berada. Sobat hanya mengalami loading di daerah postingannya saja, dan selain di daerah posting semuanya stay di tempat masing-masing. Eeehhh.... Bisa dimengerti nggak ya kira2? Hehehe, ya udh biar lebih jelas lihat SSnya aja

Ini ketika ane hendak menekan tombol next untuk ke page selanjutnya
Ini sesudah menekan tombol next tadi. Lihat? Tidak pindah halaman (URL) 'kan? Hanya terjadi "loading" di daerah posting saja, yang lain tetap di tempatnya masing-masing.
Dan ini ane sudah di halaman 2
Hal di atas tentu membuat ane semakin nyaman dalam mengakses tiap postingannya. Sepertinya sobat Rohis Facebook menggunakan suatu javascript agar terjadi hal yg seperti di atas itu. Ane kagak tau apa script-nya.

O iya, ketika ane mengakses suatu postingan, terjadi suatu perubahan. Jadi saat sobat membaca suatu postingan, maka sisi kanan sobat berubah. Yang awalnya adalah "Sahabat Rohis Facebook" berubah menjadi "Popular Post". Hal ini tentu saja membuat ane semakin tertarik untuk mengakses artikel lainnya yang disajikan khusus dalam kategori popular post.

Lalu, tidak ada iklan dan pop-ups di blog ini juga menjadi suatu keunggulan khusus. Pemandangan blog menjadi 100% "clear" dengan tanpa adanya iklan. Hal ini juga bisa menjadi faktor kenyamanan para pengunjung.

Kemudian jika sobat berkomentar di blog ini, maka komentar sobat tidak akan langsung terposting begitu saja. Komentar-komentar yang masuk ke blog ini harus di-approve terlebih dahulu oleh sang admin. Baru bisa muncul. Ini adalah sesuatu yang bagus. Demi keamanan blog, setiap komentar yang masuk harus disaring terlebih dahulu, agar tidak banyak spam dan komentar-komentar negatif lainnya yang membuat pengunjung lainnya merasa terganggu.

BTW lagi nih sob, ane tidak tau siapa nama asli adminnya sob. Karena sang admin menggunakan nickname "Rohis Facebook", dan yang pasti satu-satunya petunjuk ialah sang admin tinggal di kota Makassar seperti yang bisa kita lihat di profil blogger-nya. Hehehe....

Sooo... Kesimpulannya, blog Rohis Facebook adalah salah satu blog yang tepat untuk mencari referensi tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam agama Islam. Dengan berdasar Al-Qur'an dan Hadits serta beberapa sumber lainnya, insya Allah solusi permasalahan anda akan terjawab di blog yang tema warnanya hitam dan orange ini. Adanya fitur "Top Commentator" dan "Member Aktif" membuat blogger-blogger lain termotivasi untuk terus datang berkunjung ke Rohis Facebook. Bakcground hitam dan banyaknya variasi css dalam blog ini juga menambah nilai kenyamanan para pengunjung. Dijamin rugi deh kalo sobat belum pernah ke sini.

Fitur: 9.0
Tampilan: 9.5
Post: 9.5
Rating: 9.5/10


Sekian dari review kita hari ini, terima kasih dan mohon maaf jika terdapat sesuatu yang tidak berkenan. Sukses selalu untuk Rohis Facebook dan tentunya untuk kita semua para blogger.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

41 komentar:

  1. Wah kebetulan aku juga tau blog Rohis Facebook mas.. suka saling berkunjung.. :) ..

    Minal aidzin ya.. mohon maaf lahir dan bathin .. jika ada salah kata mohon maaf yg sebesar2.nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. O iya, ane juga sob, memang saling kunjung itu menguntungkan ya sob

      O iya, mohon maaf lahir batin juga ya sobat, terima kasih banyak

      Hapus
  2. Wah fokus di bidang ilmu2 ya, bagus tuh blognya, saya dulu juga sering mampir kesana, namun semenjak dulu sibuk kuliah juga, jadinya terbengkalai.. dan cuma copas-copas artikel yang berjalan lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob, dan kebanyakan ilmu tentang Islam bro. Oh iya, pernah juga ya ke sana, emang deh d sana tuh.

      Bener juga apa kata sobat, sibuk kuliah membuat blog kita menjadi terbengkalai, ane jga gk tau nih masih bise nge-review nggak pas masuk semester 3? BTW, terkadang copas itu boleh sob, selama mencamtukan link hidup dari sumbernya :) keep spirit sob

      Hapus
  3. gk nyangka reviewnya sampai bisa sedetail gitu ya hebat! sy sendri seolah2 jd penasaran dgn Rohis Facebook :)

    gk ada yg hrs dikoreksi dr reviewnya diatas cz sdh perfect!

    satu yg hrs sy tegaskan bhw sy buta CSS & turunan2-nya, semua di dpt dr browse di google + hasil coba2 dan tanya sana sini tp yg sangat berperan adalah maskolis (pembuat template asli).

    nama Rohis Facebook diambil dr grup yg ada di Facebook, 'Rohis Facebook' bukan sy yg pny ide, termasuk tuk bikin blog, bhkn akun gmail aja bukan sy yg buat, sy sndiri gk nyangka napa ya sy bs ngeblog hehhehe...

    smg review perfect diatas tdk membuat sy takabur tp makin memicu sy tuk rendah hati..,

    syukran wafikabarakallahu.. *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika memang seperti itu sob, hehehe, terima kasih ya, tpi menurut ane mungkin masih ada yg kurang dlm review ane, tidak sepenuhnya sempurna. Hehe...

      Oooohh... Ternyata begitu ya. Sobat memodifikasi CSS dengan jalan2 di mbah google dan dari bantuan maskolis. Lalu asal muasal nama blog sobat juga ternyata begitu ya? Sepertinya ada yang harus di-update nih... Heheh, terima kasih sudah mau membantu ane untuk melngkapi review ane ya sobb... Sukses selalu sobaaatt...

      Hapus
    2. O iya, stuju banget deh ane sma agan. Maskolis emang jago banget dalam hal template, bagus2 lho produknya

      Hapus
    3. jadi kebetulan juga ya mas cerita terjun dunia blogger,,,,
      hehehehe,,,,

      Hapus
  4. wow sobat fahri ini memang mantab dalam menganalisa sebuah obyek yang sedang dibidik, sangat cermat dan teliti dalam laporannya

    memang blog rohis facebook ini memiliki keunikan beda dari blog lainnya, karena selain konsisten dengan konten yang bernuansa islami, dalam penyajiannya juga enak dibaca dalam bahasa yang lugas dan mudah difahami

    dalam beberapa hal tentang kajian agama. ane sendiri selalu menjadikan rojis facebook jadi semacam referensi, karena sumber yang dinukil sangat falid dari hadist maupun riwayat yang bisa dipercaya

    btw - sobat fahri ini kali nanti bisa mengambil gelar doktor dari review blog kali ya, hahahaha.. yap salam sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terima kasih banyak atas masukkannya sob, heheh...

      Setuju dengan apa yg dikatakan sobat. Penyajian begitu mudah dipahami dan bersahabat.

      Jiahaha... Seandainya ada ya Mas, ane langsung ambil deh, wkwkwk, salam sukses juga Mas.

      Hapus
    2. perujuk atau dalilnya juga tepat,,,
      ada,,,,

      Hapus
  5. Yup, blog RF memang bikin saya betah untuk membacanya. Banyak memberikan pengetahuan agama bagi saya.

    Maaf kang Fahri, baru bisa komen sekarang karena koneksi lelet pas mau komen, kotak komen blognya gak bisa kebuka.

    Selamat Idul Fitri. Bila ada salah kata, salah baca, salah tulis dan salah komentar..mohon dimaafkan lahir batin...salam :-)

    Taqobalallahu minna wa minkum wa ja'alanallahu minal aidin wal faizin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kayak ane sob, ane juga betah untuk baca2 postingan d situ, apalagi dengan "popular post"nya, selalu menggoda untuk diklik.

      Iya tidak apa-apa sobat Hendra, terkadang masalah koneksi internet suka begitu. Yang terpenting jgn menyerah dan keep blogwaking, heheh.

      O iya sob, selamat hari raya idul fitri juga ya, mohon maaf lahir batin, semoga perjuangan selama bulan Ramadhan mendapat berkah dri Allah, aamiin.

      Hapus
  6. Wah lama Ane gak berkunjung ke blog yang agan review nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy sdh bbrp kali berkunjung ke sobat Cik Awi tp napa ya selalu terblokir olh Telkom Nawala..., *bingung...

      Hapus
    2. Oh ya sobat Cik Awi? Buru berkunjung, agar bisa mendapat predikat "member aktif", hehehe...

      Sobat Rohis Facebook mengalami masalah saat berkunjung ke Cik Awi?? Wah, kenapa ya tuh si Nawala??

      Hapus
  7. Sy seneng sama tampilan blog nya mas Rohis..
    Loading enteng...tampilan minimalis namun dinamis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiipp... Setubuh gan, emang mantep ringannya template blog RF ini, trus warnanya bagus2 pula

      Hapus
  8. jadi penasaran siapakah admin blog superduper keren Rohis facebook ini, apakah mungkin cs nya pemilik facebook yang telah menjadi milyarder ituh?...;o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh... Iya loh, ane jga penasaran banget, gk ada nama, hanya ada nickname, apa karena ane masih kurang dlm mencari?? Pemilik facebook?? hihihih... Bisa jadi, bisa jadi, bisa jadi...

      Hapus
  9. wau hebat ni admin bisa mengoreksi hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... alhamdulillah, terima kasih atas masukkannya sob

      Hapus
  10. Review?
    Maaf sebelumnya, saya tidak membaca artikelnya sampai selesai.
    Saya tadi sempat baca bahwa Mas yang review ini tidak tau kenapa pakai judul Rohis Facebook.
    Lalu kemudian di kolom komentar admin RF memberikan jawaban bahwa nama judul Rohis Facebook juga hanya saran dari teman sampai blog dan akun gmailnya juga bukan dia yang buat.
    Orang memang banyak berkata bahwa apalah arti sebuah nama, tapi buat saya nama sangat berarti.
    Intinya, saya masih penasaran, kenapa pakek nama Rohis Facebook? kok bukan Rohis Twitter atau Rohis Google Plus atau malah Rohis Ganteng.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa... Itu dia, ane juga penasaran. Apa mungkin karena awalnya dibuat di facebook? Hehehe... Thank you masukannya mas bro...

      Hapus
    2. hehehehehe,,,,,,
      jangan penasaran sob,,,
      ntar gentayangan dalam pikiran tyus,,,
      kagak bisa tidur

      Hapus
    3. namanya Muhammad Rohis Ardiansyah Suaib

      Hapus
    4. Mengigau 'tingkat Dewa' hehe..

      sobat jago membuat nama.., btw ambil nama itu dr mana, setau sy didunia ini gk ada yg pake nama org 'Rohis', *smile

      bagi yg blom tau ni ya.., 'Rohis' itu artix Rohani Islam, ada pula 'Rokhis artix Rohani Kristen..,

      isitilah ini dipake di sekolah2 tingkat Menengah Atas.. (SMU, SMK & sederajat), klo dikampus semacam LDK = Lembaga Dakwah Kampus, gitu, :)

      Hapus
    5. itu nama sy ambil dari nama teman di skolahku.. karna sy punya databes siswa" angkatan tahun masukku

      Hapus
    6. Wkwkwk... Bisa-bisa aja si Rizal ini :D

      Hapus
  11. selamat hari raya
    minal aidzin walfa'idZin
    mohon maaf lahir dan batin,,,,

    BalasHapus
  12. horeee mas rohis dapat 9.5 dari 10. sdikit lagi broo

    BalasHapus
  13. rohis facebook artikelnya bagus2 ya,, mantep deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap tentu bro, bagus karena sangat bermanfaat bagi kita semua yang Muslim

      Hapus
  14. mlm bos mampir lgi sekalian mau nganterin kopi biar tambah semangat ngopinya eheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam juga bos, hehee,,, Terima kasih gan, langsung seduh kopinyaaaa....

      Hapus

SHARETHIS