Finally, ufound guys!
Whatsapp : ( +62 ) 858 104 56135
Senin - Sabtu : 10.00 - 22.00
Kamis, 15 Agustus 2013

Review Blog Enigma (xfile-enigma.blogspot.com)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Setelah sebelumnya ane membahas tentang blog DuMay pada postingan "Review Blog Dunia Maya (mayakayla.blogspot.com)". Kali ini ane akan membahas sebuah blog fenomenal yang terkenal atas analisanya tentang misteri-misteri yang terjadi di muka bumi ini. Mungkin sudah banyak sobat-sobat yang tau, Ya, blog "Enigma"! Hayooo siapa yang belum tau? Ngacung gan... Tentu saja, blog Enigma (xfile-enigma.blogspot.com) adalah salah satu blog favorit ane dan banyak orang. Dijamin ketika sobat masuk ke blog ini, bakal lamaaaaa banget untuk beranjak dari blog ini.

Penampakan Homepage blog Enigma

Blog fenomal yang misterius ini memang banyak menyidik kasus-kasus misterius yang ada di dunia, seperti konspirasi FBI, UFO, makhluk Cryptozoolgy, fenomena-fenomena aneh, manuskrip misterius, situs misterius dan topik-topik lain yang mungkin tidak dibahas di media umum. Walaupun blog ini membahas soal misteri, sobat tidak akan menemukan postingan-postingan mengenai hantu, jin, tuyul, paranormal, mistik, klenik, horoskop atau ramalan di blog ini. Juga sobat tidak akan menemukan postingan yang berbau teori konspirasi keagamaan di blog ini karena saya menolak blog ini dijadikan sebagai alat provokasi seperti maksud beberapa orang. 

(Kata-kata di atas ane kutip langsung dari "About This Blog"-nya Enigma, hihihi, males ngetik bro).

Memang blog ini ane rasa telah menuai sukses yang besar lho sob, setiap postingannya rata-rata komentar yang masuk berjumlah ratusan. Hal itu disebabkan oleh betapa briliannya setiap postingan yang disajikan di blog ini. Hampir semuuuaaannya berisi laporan-laporan analisis sang admin sendiri tentang kasus-kasus yang sudah dijelaskan di atas. Cekidot SSnya:


Busyeeeeettt.... cooooyyy....

Masih belum percaya? Silahkan ke TKP gaaann.....

Namun pernah terjadi hal yang sangat mengejutkan di blog ini. Pada tanggal 20 Juli 2011 secara tiba-tiba sang admin "MENGHILANG"! Berhenti nge-blog (vakum) dalam waktu yang sangaaaaaatt lama. Banyak orang yang menunggu kedatangannya, termasuk ane. Sayangnya sang admin tak kunjung datang. Postingan terakhirnya waktu menghilang tiba-tiba adalah "Makhluk yang dianggap sebagai Cadborosaurus terekam kamera di teluk Nushagak, Alaska". Tak ada postingan lagi setelah itu.

Lama menunggu sang admin, beberapa (atau bahkan banyak) blog yang memposting teori konspirasi "Hilangnya Admin Blog Enigma". Ada yang bilang diculik FBI lah, diculik alien lah. Bahkan sampai ada oknum-oknum kurang kerjaan yang menyamar sebagai Bung E (nama panggilan sang admin) atau sebagai keluarganya dan MENYATAKAN bahwa Bung E sudah meninggal. Bener-bener daaaahhh... Pada niat gitu ya? Nih liat SSnya:





Diambil dari http://penghuni60.blogspot.com
Ada-ada saja...

Selang dua tahun, terjadi lagi hal yang mengejutkan di blog Enigma!! Kali ini sang admin muncul kembali ke permukaan setelah kira-kira dua tahun menghilang. Blog Enigma kembali mengudara pada tanggal 5 April 2013 dengan postingan pembuka "It's good to be back". Lantas ke mana sajakah sang admin? Menurut pemikiran ane sih, karena sang admin muncul kembali bersama buku baru buatannya "Enigma", mungkin selama menghilang Bung E sibuk menulis untuk bukunya, hehehe. Bagaimana menurut sobat??

Cukup sudah! Kok malah bahas kepergian sang admin?? OK, mari kita lihat apa saja yang bisa kita dapat di blog fenomenal ini.


Judul blog memang benar-benar "fenomenal". "Enigma" yang artinya teka-teki dalam bahasa latin. Dan memang teka-teki lah yang dibahas dalam blog ini. Misteri-misteri dunia yang belum terpecahkan dikupas oleh sang Admin. URL blog ini juga mudah diingat, "http://xfile-enigma.blogspot.com" cukup simple namun mengandung makna yang cukup dalam. Perfect deh buat judul blog dan URLnya, wkwkwk.

Lalu bagaimana dengan isi/kontennya? Ooooohhhhh............ Tidak diragukan lagi, bung! Sepertinya ane nggak usah bahas deh, sobat bisa kunjungi sendiri blognya...

Bahas? (Mulai gila)

Yoo wis, seperti yang sudah ane katakan sebelumnya. Hampir semua artikelnya berupa laporan-laporan dan analisa tentang hal-hal/fenomena misterius yang terjadi di sekitar masyarakat maupun dunia. Postingannya dibuat sangaaaaaat detail. Setiap pertanyaan dijawab dengan logika-logika yang memang masuk akal. Di sini sobat juga akan menemukan hal-hal HOAX yang mungkin telah menipu sobat, sehingga dengan membaca postingan tentang HOAX, sobat jadi tau deh bahwa sobat nggak akan ketipu lagi sama hal begonoan. Dalam menyelidiki sebuah kasus, Bung E menyajikan setiap analisis laporan yang sangat detail layaknya seorang DETEKTIF INTERNASIONAL. Gaya tulisannya, pokoknya maknyus deeeehhh.... Monggo dicek sob. (Udah kehabisan kata-kata untuk menggambarkan betapa bagusnya postingan yang disajikan oleh Bung E).

Bagaimana dengan template-nya? Hhohoho.... Sesuai dengan topik blog ini, tema warna blog ini banyak mengambil warna hitam dan abu-abu. Template-nya tergolong ringan dan simple. Tampilannya tidak terlalu memusingkan. Gambar header-nya menurut ane sangat menarik, seakan-akan menyimpan sebuah misteri (lebay). Ane sebenarnya belum tau jelas gambar apa itu?? Bola api kah? Cahaya dalam kegelapan? Lalu apa maknanya??


Gambar header blog Enigma
Terlepas dari tampilannya yang simple namun elegan, daftar entri postingan yang ditampilkan di homepage hanya menampilkan judul dan paragraf awal postingnya saja. Lalu di halaman berikutnya, hanya tampil judul postingannya saja. Hal ini meraup dua poin, poin pertama adalah menambah keringanan blog, dan poin kedua menambah rasa penasaran para pengunjung akan isi dari postingan tersebut. WKwkwkw


Tampilan Homepage
Tampilan halaman berikutnya
Iklan yang ditampilkan juga tidak mengganggu pemandangan indah blog ini, malah mungkin mempercantik tampilannya. Lagipula iklannya itu adalah iklannya sendiri, yaitu bukunya Bung E sendiri yang berjudul "Enigma" (Sama kayak judul blognya). Bukunya keren lho (Dilihat dari resensinya), ane jadi kepengen. Bukunya Enigma ini berisi postingan-postingan blognya Enigma sendiri, namun tentu saja penyajiannya disesuaikan untuk buku. Sobat bisa temukan bukunya di Gramedia, dan toko-toko buku lainnya.

Blog yang berslogan "Selalu ada sisi yang lain" ini memiliki fitur-fitur yang cukup bagus. Pertama adanya "Q & A", yaitu Question and Answer. Fitur ini memberi kesempatan untuk para pengunjung bertanya soal fenomena-fenomena aneh lewat email (mungkin?) dan nantinya akan dijawab dan dijelaskan oleh Bung E dalam bentuk postingan. Tentunya pertanyaan yang dipilih adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan.

Kemudian kedua, adanya layanan "INBOX". Di mana sobat sebagai pengunjung diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan Bung E lewat email (mungkin?) untuk membahas fenomena-fenomena aneh juga, atau sekedar memberi foto/gambar dari kejadian-kejadian misterius yang nantinya akan dijelaskan oleh Bung E sendiri dalam bentuk postingan (lagi).

Ketiga, jika sobat melihat-lihat sidebar tengah, sobat akan menemukan widget statistik blog, headline alert (berlangganan), jika sobat tidak ingin ketinggalan update-an dari Enigma, silahkan masukkan e-mail sobat ke situ, dan "Find Me on Facebook", bagi sobat yang ingin bersilahturahim dengan Bung E, hehehe. Lalu di bawahnya ada blogroll blog-blog misteri lainnya, juga blog-blog non-misteri. Hal ini menambah variasi Enigma agar para pengunjung yang mungkin (muungkiiin) sudah bosan dengan Enigma, maka sobat disilahkan untuk mencoba mengunjungi blog-blog yang ada di blogroll tadi.

Keempat, seperti blog-blog pada umumnya, Enigma pun menampilkan "Tulisan Terbaru", "Search Box", Tulisan Terpopuler", "Arsip Blog", dan "Tulisan Berdasar Kategori" yang bisa sobat temukan di sidebar kanan. Hal ini memudahkan para pengunjung untuk mengeksplore artikel-artikel menarik dari blog ini.

Huffft....

Kesimpulannya blog Enigma ini adalah blog fenomenal yang menyajikan kasus-kasus misterius yang belum terpecahkan lengkap dengan laporan, analisis, dan dugaan-dugaan saksi mata. Sajiannya sangat masuk akal dan terbuka, maksudnya, setiap orang yang membaca postingannya pada akhirnya akan diberi kebebasan untuk mempercayai hasil analisisnya atau mempertahankan pendapat sendiri. Blog Enigma tidak pernah memaksakan setiap orang untuk selalu sependapat dengannya. Kita sebagai pengunjung pun bisa sharing foto-foto aneh dengan sang admin dan jika beruntung nantinya akan dianalisis oleh sang admin sendiri dalam bentuk postingan lewat fitur INBOX dan menanyai pertanyaan-pertanyaan mengenai fenomena aneh yang terjadi di sekitar sobat dalam "Q & A". Template-nya yang simple dan ringan juga menambah kenyamanan para pengunjungnya dalam menikmati sajiannya sembari ngopi di meja laptopnya (ane mulai ngawur).

Ssstt... Terdapat pesan rahasia lho di blog Enigma ini, coba saja sobat cek footer-nya. Hihihi...

Fitur: 8.8
Tampilan: 8.9
Post: 9.8
Rating: 9.5/10



Sekian dari review kita hari ini, terima kasih dan mohon maaf jika terdapat sesuatu yang tidak berkenan. Sukses selalu untuk Enigma dan tentunya untuk kita semua para blogger.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

33 komentar:

  1. Kok sy blm pernah bertamu ke sana ya
    Ya..udah labgsung aja..kali2 masih ada ketupat dari planet lain di sana..hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha masa sih? Cukup populer kok sob blognya, heheh

      Hapus
    2. kalau saya rasanya pernah lewat

      Hapus
    3. Sobat juga pernah? Wah, gimana? Asyik tidak??

      Hapus
  2. wah jadi penasaran, coba ke tekape ah...

    BalasHapus
  3. sy jg pemburu hoax sob jd kenal betul dgn blog trsebut, analisisx tajam dan ilmiah, kabar terakhir yg sy dgr adminx tlh meninggal, entah cz apa, ada yg bilang cz sakit paru2.., enthlah..., skrg diganti sama adikx.., lupa nama blog apa...?, cri sendiri dikolom komentar, bnyk banget yg komen sampe ribuan... *smile

    karya terakhir admin yg jg dirilis olh adikx katax tentang spongebob yg ditarik dr pasaran.., entah namax nama serialx apa.., cari aja di google... *smile

    http://rohis-facebook.blogspot.com/search/label/HOAX

    satu2x blog yg mengupas tentang HOAX: UNESCO Ancam Cabut Status Borobudur dan Prambanan dikarenakan kotor dan semrawut, ada disini.. *narsis

    http://rohis-facebook.blogspot.com/2011/10/hoax-unesco-ancam-cabut-status.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang bener sob, artikel-artikel tentang HOAXnya emang bikin kita gk percaya sama yg udh kita baca ya sob, tajem deh bener kata sobat.

      Masalah dia udh meninggal atau belum, itu juga sepertinya belum pasti sob, ada bahasannya di blog penghuni 60.

      Wwiiihh... Artikel HOAX lagi nih, kayaknya mantep tuh borobudur, coba ah ke TKP, thank you gan dah dishare

      Hapus
  4. memang enigma ini sangat fenomenal ya, terlepas dari issu yang berhembus ini hoax atau fiktiif atau apalah, karena ini masalah analisa yang dikemas dalam bentuk infotainment saya rasa asyik.. maksut saya semua terpulanag pada pembaca gitu. karena bisa jadi dari banyolan bisa memberi solusi yang tak terpecahkan..

    review yag sangat menarik sekali gan.. asah terus.. pastinanti ada manfaatnya..

    salam happy blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangeeett sob, pada akhirnya kita sendiri yg menentukan percaya atau tidak...

      Alhamdulillah, terima kasih soobb... Insya Allah, ane asah terus, aamiin semoga ada manfaatnya

      Happy blogging juga soobb

      Hapus
  5. Ane belum pernah kesana sob, kebelet penasaran nih :D. otw TKP

    BalasHapus
  6. jadi penasaran seperti apa... nti ketekape ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ke TKP sob, hhehehe... BTW banyak banget yg penasaran ya??

      Hapus
  7. Saya malah ikutan gag tahu Blog Enigma ini juga.. :(
    Beginilah nasib kalau bermasalah dengan koneksi, mau buka satu blog aja harus ditinggal makan dulu baru bisa ke buka..

    Tentang Enigma, saya rasa blog ini harus terus dikembangkan. Karena informasi2 akurat seperti ini akan terus selalu diperlukan banyak orang.. :)

    Semoga saya beneran bisa ketular penyakit suka review-mu ini mas.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh??? Berarti banyak juga ya yang belum tau?? Iya sob, yang sabar sob, dulu juga ane gitu...

      Perlu banget sob, terutama hubungan antara admin dan pungunjung haru ditingkatkan

      Aamiin, hehehe... Sukses selalu brooo, mari kita review bersama, tunjukkan pada dunia bahwa blogger-blogger Indonesia itu punya kualitas

      Hapus
  8. tentang cerita-cerita misteri memang menarik dan bikin penasaran langsung ke tkp aja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget sob, greget kalo baca-bca artikelnya, monggo ke TKP sob

      Hapus
  9. Balasan
    1. Alhamdulillah kalo mantap Mas, terima kasih...

      Hapus
  10. baru tahu seluk belu enigma,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, alhamdulillah kalo begitu sob, ternyata bermanfaat juga, terima kasih

      Hapus
  11. saya udah lama mengenal blog ini emang bener-bener brilian penjelasannya dan betul juga setelah baca-baca isi artikelnya pastinya bakalan betah untuk buka-buka yang lainya, keren dan menarik, saya juga salah satu penggemar bloh enigma ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia kata-kata yg ane cari sob, pasti tertarik untuk buka artikel lainnya ya sob, pas bangeeett deh, hehehe.

      Sobat penggemarnya juga? Udah add FBnya Enigma blum? Heheh

      Hapus
  12. saya juga sering....nongkrong disana..hehe

    BalasHapus
  13. wah, wah, wah, blog favoriteku direview disini ya...
    mantap ^_^)b

    BalasHapus
  14. Kontes Seo 2 VipQiuQiu99 akan diperpanjang dari tanggal 25 januari 2018 - 25 juli 2018, Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes ini. Hadiah kontes ini adalah Rp 35.000.000,-

    Tunggu apa lagi?
    Kontes SEO ini akan menggunaka kata kunci (Keyword) VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, silahkan daftarkan web terbaik Anda SEKARANG JUGA!

    CONTACT US
    - Phone : 85570931456
    - PIN BB : 2B48B175
    - SKYPE : VIPQIUQIU99
    - FACEBOOK: VIPQIUQIU99


    Agen Domino
    Domino Online
    Agen QQ
    QQ Online
    Judi Online
    Judi Domino

    BalasHapus

SHARETHIS